Ini Yang Harus Kalian Perhatikan Jika Ingin Membeli HP Bekas

Ini Yang Harus Kalian Perhatikan Jika Ingin Membeli HP Bekas

Tidak aneh jika kita ingin mengganti smartphone dengan keluaran terbaru, namun budget yang ada hanya cukup untuk membeli handphone bekas. Jangan sedih, jika kamu riset sebelum membeli, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan smartphone bekas yang masih becek dengan harga yang murah. Itulah tips membeli HP bekas yang perlu Anda ketahui.

Ketahui Apa Yang Anda Beli

Di luar hal-hal yang terlalu teknis, tanyakan juga pada diri Anda pertanyaan ini “Mengapa Anda harus membeli smartphone ini?” atau “Bisakah smartphone ini membantu pekerjaan, desain, mengetik atau hanya untuk bersenang-senang?”. Anda tidak perlu mengetahui merek atau seri yang ingin Anda beli. Ketahui saja spesifikasi standar HP bekas yang Anda inginkan. Selain itu, tentukan juga landscape atau ukuran layar ponsel bekas yang akan dipilih.

Survei Harga HP Bekas

Jika Anda sudah mengetahui smartphone apa yang ingin Anda beli serta merek dan tipe apa, maka sebelum membeli, Anda harus mengetahui harga pasaran dari barang bekas tersebut. Cari tahu juga informasi harga terbaru agar bisa dibandingkan dengan harga bekas.

Temukan Penjual Terkemuka

Jika Anda memutuskan untuk membeli secara online, agar tidak merasa kecewa karena barang yang Anda terima jelek, sebaiknya cari penjual yang memiliki reputasi baik di kalangan penikmat gadget. Baca komentar dari pembeli sebelumnya tentang penjual.

Pertemuan langsung

Jual beli on line memang lebih praktis dan mudah. Namun jika ingin mengecek smartphone terlebih dahulu, temui penjualnya langsung. Foto barang yang bagus bukan jaminan barang akan memuaskan anda nantinya. Saat sampai di rumah Anda, bisa jadi barang tersebut bisa membuat Anda kecewa. Anda bisa tertipu dengan barang cacat atau palsu.

Cek Kondisi Fisik HP

Mengecek kondisi fisik handphone bekas juga penting. Hal ini dimaksudkan agar pengguna dapat melihat kelayakan fisik sebuah ponsel dengan mengecek beberapa aspek. Untuk mengecek kondisi fisik ponsel bekas bisa dimulai dengan mengecek kondisi layar, bodi, kamera, speaker, port USB, dan charger.

Periksa Masa Pakai Baterai Dan Usia

Kamu juga perlu mengecek daya tahan baterai HP bekas yang ingin kamu beli. Akan menjadi masalah dan biaya jika Anda membeli ponsel bekas dengan baterai “bocor”. Karena tidak semua ponsel Android memiliki fitur untuk memindai daya tahan baterai, jika baterai ponsel turun secara tidak normal, misalnya baterai turun lima persen saat membuka aplikasi WhatsApp, maka ada yang salah dengan baterai ponsel.

Related Post